Penyebab dan Cara Menghilangkan Sakit Kepala

Sakit kepala adalah penyakit umum yang sering menimpa banyak orang. Sekitar 40% manusia menderita ketegangan yang menyebabkan sakit kepala. Bahkan diantaranya mengalami migrain disertai mual, pusing, mati rasa, nyeri pada leher dan gejala fisik lainnya. Migrain ringan bisa saja berhenti setelah beberapa jam atau beberapa hari, tetapi migrain atau sakit kepala sebelah yang berat membuat penderita tidak bisa keluar rumah, tidak mampu mengemudi, menahan terik matahari dan melakukan aktivitas seperti bekerja sekali pun.

Untuk memahami cara menghilangkan sakit kepala, terlebih dahulu harus melacak penyebab utama sakit kepala. Mereka yang sering mengalami sakit kepala pada umnya memiliki sistem saraf yang sensitif sehingga faktor makanan dan keadaan lingkungan mudah memperlebar pembuluh darah di kepala, otak dan leher.

Indra dalam tubuh manusia terfokus pada otak. Batang otak di belakang bola mata menerangi otak dengan gambar visual dengan warna yang tajam dan detail. Telinga menangkap dan mengirim suara ke otak, indra peraba bahkan bisa merasakan bulu mata mata yang jatuh sekalipun. Indra penciuman memungkinkan kita menilai makanan sebelum dicicipi oleh mulut. Otak adalah karunia Tuhan yang paling penting bagi manusia. Sedang kepala adalah rumah otak yang mengandung sel-sel mikro yang terkoneksi satu sama lain lebih dari 50 miliar sel saraf.

Otot-otot di sekitar punggung semuanya terhubung satu sama lain. Ini berarti bahwa, ada satu otot yang kejang dapat menyebarkan sakitnya sampai ke kepala. Stres juga memicu adanya ketegangan otot (menyebabkan pembuluh darah melebar sehingga menyebabkan sakit kepala), semua bentuk relaksasi termasuk pernapasan dalam, meditasi, yoga mampu meminimalkan terjadinya ketegangan otot.

obat sakit kepala

obat sakit kepala

Agar dapat menghilangkan sakit kepala, jauhi diri Anda dari jenis makanan dan minuman berikut:

Makanan-minuman yang menimbulkan sakit kepala

  1. Kafein. Kafein ditemukan dalam kopi, teh, cola dan soda tertentu. Minum minuman yang mengandung kafein bisa memicu sakit kepala.
  2. Cokelat. Ada apa dengan cokelat? Cokelat mengandung phenylethylamine yang menyebabkan pembuluh darah membesar.
  3. Monosodium glutamat. Bahan ini banyak ditemukan dalam makanan Cina, selain itu penyedap makanan ini juga ada dalam makanan ringan dan makanan olahan. Jajanan makanan di luar juga banyak yang mengandung senyawa ini.
  4. Produk susu, terutama keju. hampir semua jenis keju dan makanan yang dicampur dengan keju. Keju putih, keju cottage, ricotta dan krim keju tidak termasuk dalam golongan yang menyebabkan sakit kepala tetapi yoghurt masuk dalam daftar.
  5. Beberapa buah-buahan dan sayuran bisa menyebabkan masalah seperti menimbulkan sakit kepala. Diantaranya adalah buah jeruk, pisang, kismis, pepaya, markisa, alpukat dan buah-buahan kering yang diawetkan. Sedangkan sayur-sayuran termasuk kacang-kacangan dan bawang.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala

  1. Minum Riboflavin atau yang dikenal sebagai vitamin B2. 200 mg vitamin B2 dua kali sehari menunjukkan keberhasilannya dalam menghilangkan sakit kepala. Konsumsi vitamin ini setiap hari saat sakit kepala menyerang ataupun tidak.
  2. Magnesium. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan sakit kepala. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi suplemen magnesium dengan dosis harian sampai 600 mg mengurangi terjadinya serangan migrain secara signifikan.
  3. Perhatikan cara tidur. Sakit kepala yang menyerang di pagi hari mungkin saja karena kesalahan posisi tidur dan posisi bantal. Jika hal ini terjadi, tidurlah tanpa menggunakan bantal.
  4. Menggerakkan leher. Menggerakkan leher diperlukan untuk menjaga agar otot lentur dan santai. Gerakkan leher ke samping, atas dan bawah seperti gerakan pemanasan pada aerobik.


Artikel Tips Trik Penyebab dan Cara Menghilangkan Sakit Kepala boleh anda Copy dan Paste tentunya dengan mencantumkan sumbernya, masukkan email anda untuk mendapatkan kiriman email update tips trik online dari Tips-Trik.Web.id

Ketik alamat email anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Page Loads: 106 queries in 0.519 seconds.