Jenis Menu Makanan Bagi Penderita Diabetes

Diabetes adalah penyakit serius yang telah mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Jika Anda adalah seorang penderita diabetes, Anda masih bisa menikmati makanan yang enak, yang perlu diperhatikan adalah memonitor gula darah secara teratur.

Menu penderita diabetes adalah makanan yang mudah dicerna dan diserap ke dalam darah. Menu makanan seimbang aman bagi seseorang yang menderita diabetes. Menu diet diabetes haruslah memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Orang-orang yang baru saja didiagnosa menderita diabetes bisa bertahan dengan melakukan perubahan pola hidup dan makanan. Selain itu, mempelajari tentang asupan karbohidrat dan efeknya terhadap kadar glukosa dan insulin juga penting dengan menghitung jumlah gram karbohidrat yang masuk. Dengan perencanaan makanan yang tepat, menjalani diet untuk mengontrol kadar glukosa darah dapat dilakukan dengan mudah.

menu makanan diabetes melitus

menu makanan diabetes melitus

Untuk menjaga dan mengendalikan kondisi tubuh, menu penderita diabetes harus memiliki perencanaan. Manfaat dari perencanaan makanan adalah untuk:

  1. Mengontrol gula darah dan insulin;
  2. Mengurangi konsumsi obat;
  3. Mengatur berat badan;
  4. Mengontrol kolesterol;
  5. Mengontrol gula darah;
  6. Agar tidak melewatkan waktu makan;
  7. Mendapatkan porsi yang sesuai;
  8. Mengurangi rasa frustasi tentang apa yang harus dimakan.

Menu Makanan Penderita Diabetes

Makanan tidak harus hambar atau dibatasi jumlahnya. Nutrisi yang paling penting dari menu sehari-hari terdiri dari karbohidrat kompleks seprti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak dan lemak sehat.

  1. Sayuran. Sayuran secara alami merupakan makanan rendah kalori dan penuh serat sehingga membuat perut kenyang lebih lama. Mengisi piring dengan sayur-sayuran berarti mengurangi jumlah karbohidrat sederhana (yang meningkatkan gula darah) dan lemak jenuh (yang meningkatkan resistensi insulin).
  2. Buah-buahan. memiliki nutrisi yang hampir sama dengan sayuran yaitu rendah lemak, tinggi serat, rendah kalori. Keuntungan lainnya adalah buah kaya dengan antioksidan yang membantu melindungi saraf, mata dan hati. Karena buah memiliki gula alami dan kalori yang lebih dari sayuran, tidak boleh mengkonsumsinya tanpa perhitungan. Tiga porsi sehari adalah ukuran yang cukup dengan satu porsi sama dengan satu buah utuh. Disarankan mengkonsumsi buah secara utuh dibandingkan dijadikan jus karena banyak nutrisi dan serat yang ditemukan dalam kulit, daging dan biji buah yang akan hilang dalam proses pembuatan jus.
  3. Kacang-kacangan. Kacang merupakan sumber serat dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena memperlambat proses pencernaan, selain itu juga bisa menurunkan kadar gula darah. Tambahkan kacang pada salad atau sayuran yang Anda buat.
  4. Sereal. Menu penderita diabetes yang cocok sebagai sarapan. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang memulai hari dengan makan sereal berserat tinggi tidak akan merasa lapar dengan cepat. Jadi jangan lupakan sarapan.
  5. Ikan. Ikan merupakan sumber protein yang baik dan pengganti daging yang tinggi lemak. Ikan adalah sumber terbaik dari asam lemak omega 3 yang membantu menjaga arteri. Penderita diabetes kebanyakan memiliki trigliserida yang tinggi dan tingkat HDL (kolesterol baik) yang rendah. Asam lemak omega 3 bisa memperbaiki tingkat HDL. Makanlah ikan setidaknya dua kali seminggu seperti ikan salmon dan tuna.


Artikel Tips Trik Jenis Menu Makanan Bagi Penderita Diabetes boleh anda Copy dan Paste tentunya dengan mencantumkan sumbernya, masukkan email anda untuk mendapatkan kiriman email update tips trik online dari Tips-Trik.Web.id

Ketik alamat email anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Page Loads: 99 queries in 0.809 seconds.