Hidup Sehat Dengan Mencuci Tangan

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa mencuci tangan dengan sabun tangan adalah cara terbaik untuk mencegah penularan penyakit seperti infeksi gastrointestinal, influenza dan hepatitis A. Mencuci tangan dengan benar dapat mencegah penyebaran organisme yang menyebabkan penyakit-penyakit tersebut.

Beberapa bentuk gastroenteristis malah dapat menimbulkan komplikasi serius terutama untuk anak-anak, orang tua dan orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Mengeringkan tangan dengan benar sama pentingnya dengan mencuci tangan.

sehat cuci tangan

sehat cuci tangan

Waktu Mencuci Tangan

Pada saat-saat apa saja kita disarankan menggunakan sabun tangan untuk mencuci tangan? Berikut ini beberapa situasi yang dimana tangan sebaiknya dalam keadaan bersih:

  1. Sebelum menyiapkan makanan
  2. Sebelum makan
  3. Setelah ke toilet atau mengganti popok
  4. Setelah merokok
  5. Setelah menggunakan tisue atau sapu tangan
  6. Setelah memegang sampah atau bekerja di kebun
  7. Setelah memegang hewan
  8. Setelah menjenguk orang sakit

Cara Mencuci Tangan

Untuk mencuci tangan dengan benar, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Basahi tangan dengan air hangat. Letakkan sabun tangan cair dan biarkan sabun mencuci seluruh tangan selama 15-20 detik (bisa lebih jika ada kotoran yang menempel)
  2. Gosokkan kedua tangan dengan cepat di seluruh permukaan tangan dan pergelangan tangan untuk menghilangkan kotoran dan kuman
  3. Jangan lupa bersihkan pula di daerah punggung tangan, sela-sela jari dan di bawah kuku
  4. Jika memakai cincin, lepaskan dulu cincin atau jam tangan karena mikroorganisme sering berlindung di bawah aksesoris ini
  5. Bilas dengan baik di bawah air yang mengalir dan pastikan semua bekkas sabun tangan terhapus agar tidak menjadi residu yang menyebabkan iritasi.
  6. Lap tangan menggunakan handuk (atau handuk sekali pakai). Pastikan tangan Anda benar-benar kering
  7. Keringkan bagian tangan yang akan memakai cincin atau jam tangan, jika dibiarkan lembab akan menjadi sumber kontaminasi kuman
  8. Pengering udara panas bisa digunakan tetapi, sekali lagi pastikan tangan Anda benar-benar kering
  9. Di rumah, berikan anggota keluarga masing-masing handuk sendiri dan sering-seringlah mencuci handuk tersebut

Gunakan Air Hangat

Air dingin lebih baik daripada tidak ada air sama sekali, tetapi air dingin tidak boleh digunakan untuk mencuci tangan secara rutin. Sabun bekerja lebih baik pada air hangat, bahan aktif pada permukaan sabun dilepaskan dengan mudah, sehingga membuatnya lebih efektif dalam membersihkan tangan Anda dari kotoran dan minyak tanpa menghilangkan minyak alami di kulit.

Gunakan Sabun Tangan

Sabun mengandung bahan-bahan yang akan membantu untuk:

  1. Melepaskan kotoran yang menempel pada tangan
  2. Melunakkan air sehingga lebih mudah untuk menghasilkan busa
  3. Bilas tangan tanpa meninggalkan bekas sabun yang bisa menyebabkan iritasi lalu keringkan kulit

Sabun tangan memiliki pH yang berbeda-beda, sedikit basa atau sedikit asam, itulah mengapa beberapa sabun ada yang tidak cocok dengan kulit Anda. Parfum dari sabun juga menyebabkan reaksi kulit bagi sebagian orang.

Sabun Cair Lebih Baik

Manfaat sabun cair dibandingkan sabun batangan adalah lebih sulit untuk terkontaminasi kuman, ukurannya bisa diukur dengan tepat sehingga tidak perlu membuang sabun yang tidak dibutuhkan ( tidak boros) dan menghemat waktu untuk digunakan. Sabun tangan batangan bisa menjadi masalah untuk kesehatan apalagi bila digunakan oleh banyak orang.



Artikel Tips Trik Hidup Sehat Dengan Mencuci Tangan boleh anda Copy dan Paste tentunya dengan mencantumkan sumbernya, masukkan email anda untuk mendapatkan kiriman email update tips trik online dari Tips-Trik.Web.id

Ketik alamat email anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Page Loads: 101 queries in 0.795 seconds.