Cara Sehat Dengan Meditasi Yang Benar

Meditasi sering dihubungkan dengan faktor keagamaan atau kepercayaan. Sebenarnya, meditasi adalah sebuah keadaan tubuh sama seperti saat kita tidur. Dengan belajar cara meditasi, tubuh menjadi lebih relaks dan berenergi. Para peneliti kesehatan sangat serius untuk mengkaji tentang meditasi karena memiliki keterkaitan erat pada penurunan tingkat stres dan meningkatkan kondisi kesehatan.

Meditasi sangat cocok dipraktekkan oleh orang-orang yang sering mengalami kecemasan, nyeri, depresi, masalah emosional, insomnia dan stres. Meditasi juga merupakan latihan otak yang efektif.

Apakah Meditasi Itu ?

Definisi meditasi sangat bervariasi, tergantung pada bentuk latihan yang Anda lakukan. Namun, kebanyakan orang melatih pikiran untuk meningkatkan konsentrasi. Definisi paling umum tentang meditasi adalah kemampuan yang melibatkan pikiran dan perhatian untuk fokus pada suatu pikiran, gambar, objek atau perasaan. Untuk melakukan meditasi, Anda harus melepaskan diri dari kesibukan dunia. Matikan ponsel, komputer, televisi dan lain-lain. Siapkan waktu khusus dan pastikan tidak ada gangguan selama Anda melakukan meditasi.

menjaga sehat dengan meditasi

menjaga sehat dengan meditasi

Cara Meditasi Yang Tepat

  1. Duduk. Cari tempat dimana Anda dapat duduk dengan nyaman, tidak terganggu selama sekitar 20 menit. Yang paling penting adalah duduk dengan punggung yang diluruskan. Duduklah dengan nyaman untuk melatih diri melakukan meditasi. Anda bisa menambahkan aksesoris tambahan seperti bantal meditasi khusus, lilin, dupa atau apapun yang Anda inginkan.
  2. Mengatur timer. Pada saat bermeditasi tanpa mengatur timer, kemungkinan di sela-sela meditasi Anda akan mencuri waktu untuk memeriksa berapa lama waktu yang telah Anda habiskan. Ini sering terjadi setelah Anda duduk selama 1-2 menit. Sebuah timer membantu Anda untuk meyakinkan diri bahwa waktu meditasi sudah tepat dan tidak terlalu lama ataupun kurang. Jadi aturlah timer dan lupakan masalah waktu.
  3. Bernapaslah. Bernapas adalah fungsi tubuh yang unik dan dilakukan secara otomatis. Tanpa disadari, kita bernapas lebih dari 10 juta kali per tahun. Sebenarnya kita bisa mengendalikan pernapasan. Cobalah bernapas seperti kita sedang melakukan komunikasi dengan tubuh. Jika kita bernapas secara perlahan, tubuh akan lebih rileks. Sambil duduk cobalah fokus pada pernapasan dan perhatikan apapun yang berkaitan dengan bernapas seperti: Cara menarik napas; Menghembuskan napas; Jeda saat menarik dan menghembuskan napas; Bernapas secara alami
  4. Jangan menyalahkan diri. Meditasi merupakan hal yang sulit, cara meditasi yang sempurna adalah mustahil. Pikiran Anda akan melayang, pada saat bermeditasi, Anda mungkin akan memikirkan tentang pekerjaan kantor. Kesadaran Anda secara bertahap akan melayang dan hanyut dalam pikiran tersebut. Itu adalah hal yang normal. Ingatlah bahwa setiap kali kesadaran Anda melayang ke hal lain, kembalilah pada kenyataan bahwa saat ini Anda sedang duduk dan bernapas. Jangan menyalahkan diri sendiri dengan berpikir bahwa Anda tidak tahu cara meditasi yang benar. Kembali saja pada waktu sekarang dan bernapas.
  5. Jangan dengarkan diri Anda. Saat bermeditasi, pasti akan ada suara-suara kecil dari dalam kepala yang mencoba mengganggu dan menghentikan meditasi Anda. Suara tersebut datang sesekali dan berusaha mengecoh Anda bahwa telah tiba waktunya untuk berhenti. Jangan dengarkan suara-suara tersebut dan tetaplah duduk dan fokus pada pernapasan.


Artikel Tips Trik Cara Sehat Dengan Meditasi Yang Benar boleh anda Copy dan Paste tentunya dengan mencantumkan sumbernya, masukkan email anda untuk mendapatkan kiriman email update tips trik online dari Tips-Trik.Web.id

Ketik alamat email anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Page Loads: 108 queries in 1.081 seconds.