Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

Batuk yang disertai dengan dahak atau lendir biasa juga disebut “batuk produktif”. Mengalami batuk produktif menandakan bahwa infeksi telah berkembang sampai ke paru-paru. Batuk berdahak atau lendir bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti pilek, alergi, iritasi (merokok, debu, bulu hewan peliharaan, asap kimia), infeksi bakteri atau virus di paru-paru seperti bronkitis akut, pneumonia, sesak nafas pada anak-anak. Warna lendir atau dahak pada batuk bervariasi mulai dari kuning, hijau, cokelat, abu-abu atau bahkan mungkin mengandung darah.

Lendir atau dahak biasanya terjadi di pagi hari. Jika batuk berdahak Anda terus menerus berlanjut, berkonsultasi dengan dokter merupakan cara mengobati batuk berdahak yang bijak. Batuk berdahak yang berkelanjutan bisa menyebabkan mual. Berdasarkan gejala batuk yang Anda alami, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik seperti x-ray, tes darah, pemeriksaan dahak, EKG dan pemeriksaan CT agar terhindar dari penyakit yang lebih serius seperti TBC atau kanker paru-paru.

Arti Dari Warna Lendir Atau Dahak

Warna lendir selain warna putih atau bening umumnya mengindikasikan adanya infeksi atau masalah lainnya. Konsultasikan dengan dokter atau praktisi kesehatan untuk mengobati batuk berdahak tersebut.

  1. Kuning. Tanda terjadinya infeksi saluran pernapasan atau infeksi bakteri, infeksi sinus, pilek, flu, alergi atau bronkitis.
  2. Hijau. Kemungkinan tanda dari pneumonia.
  3. Cokelat. Kemungkinan akibat menghirup debu atau asap atau merupakan tanda infeksi dan darah.
  4. Abu-abu. Tanda seringnya menghirup polusi udara.
  5. Merah/pink merupakan tanda adanya campuran darah.

Bantuan Untuk Mengobat Batuk Berdahak

Mengobati batuk berdahak menggunakan obat batuk yang direkomendasikan oleh apoteker atau diresepkan oleh dokter Anda. Ekspektoran dan mukolitik dapat diresepkan untuk memecah lendir dan dahak sehingga membuat batuk lebih cepat sembuh. Jangan menggabungkan ekspektoran dengan dekongestan, antihistamin karena akan membawa efek samping yang negatif. Bernapas dengan uap air dengan mandi air panas juga telah terbukti cukup efektif dalam menghilangkan lendir dan dahak.

mengobati batuk berdahak

mengobati batuk berdahak

Makanan Untuk Menghilangkan Lendir Batuk

Selain mengobati batuk berdahak dengan obat resep doketr, buah-buahan tertentu seperti nenas, jeruk, anggur dan lemon telah terbukti memiliki efek yang terbukti bisa mengurangi lendir. Sayur-sayuran yang bisa menghilangkan lendir juga terdapat pada asparagus, bawang, kembang kol, seledri dan bawang putih.

Hindari makanan dingin ketika sedang menderita batuk berdahak, melainkan konsumsi makanan dan minuman yang menghangatkan untuk membantu membuka saluran pernapasan sehingga lendir mudah untuk dikeluarkan. Teh herbal dan makanan pedas juga membantu.

Ramuan Untuk Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

  1. Campurkan dua sendok makan madu dengan jus anggur dalam takaran yang sama. Konsumsi tiga kali sehari selama lima hari. Jus anggur berfungsi sebagai ekspektoran untuk menghilangkan dahak.
  2. Potong lemon menjadi dua bagian. Taburkan potongan lemon dengan garam dan lada hitam. Hisap lemon ini agar lendir mengering dan mengurangi batuk.
  3. Rebus segenggam daun mint dengan daun eucalyptus bersama dalam panci berisi air. Setelah air dalam panci mendidih, keluarkan panasnya, sambil menutup kepala dengan handuk hiruplah uap dari air tersebut. Uap ini akan membuka sinus dan mengeringkan lendir.


Artikel Tips Trik Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami boleh anda Copy dan Paste tentunya dengan mencantumkan sumbernya, masukkan email anda untuk mendapatkan kiriman email update tips trik online dari Tips-Trik.Web.id

Ketik alamat email anda :

2 Komentar Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

  1. terimakasih infonya sngat membantu nih selamat malam.

  2. Infonya sangat membantu, kebetulan lagi kena flu. Berarti harus banyak makan buah-buahan ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Page Loads: 101 queries in 0.791 seconds.