Cara Agar Menu Masakan Sehat Disukai Anak

Membuat masakan yang bergizi merupakan salah satu hal penting untuk memastikan kesehatan anak. Sebagai langkah awal buatlah pilihan menu masakan anak yang cerdas dan buat anak menyukai makanan sehat tersebut. Anak-anak akan belajar makan makanan sehat dari contoh orang tuanya.

menu masakan sehat untuk anak

menu masakan sehat untuk anak

Tips Agar Menu Masakan Sehat Disukai Oleh Anak

Berikut ini ada delapan tips yang bisa orang tua praktekkan agar anak menyukai mengkonsumsi makanan sehat:

  1. Jangan membatasi makanan. Membatasi makanan hanya dapat meningkatkan resiko anak mengalami gangguan asupan makanan seperti anoreksia atau bulimia di kemudian hari. Pembatasan ini juga memiliki efek negatif pada pertumbuhan dan perkembangan anak.
  2. Sediakan makanan sehat. Anak Anda akan makan makanan yang tersedia. Sediakan buah dalam menu masakan anak. Ambil buah apel utuh sebagai cemilan Anda dan biarkan anak melihat apa yang sedang Anda makan. Memberi contoh lebih efektif daripada memberi perintah. Ingat, bahwa anak Anda hanya memilih makanan yang tersedia di rumah.
  3. Jangan beri label makanan sebagai makanan “Baik” atau makanan “Buruk”. Sebaliknya, hubungkan setiap makanan dengan hal yang bermanfaat misalnya dengan penampilan atau olahraga. Biarkan anak Anda tahu bahwa protein tanpa lemak seperti kalkun dan kalisum dari produk susu memberikan kekuatan bagi tubuh. Antioksidan dalam buah-buhan dan sayuran membuat kulit bercahaya dan rambut sehat.
  4. Berikan pujian pada pilihan yang benar. Berikan anak Anda senyuman bangga dan beritahu bahwa ia telah memilih makanan yang sehat.
  5. Jangan cerewet pada pilihan makanan yang tidak sehat. Ketika anak Anda memilih makanan yang tidak sehat, abaikan saja. Jika anak Anda selalu ingin makan makanan berlemak seperti gorengan coba alihkan pada pilihan yang lain. Anda bisa mencoba stik kentang panggang (hanya menggunakan sedikit minyak) daripada membeli kentang goreng. Jika anak Anda menginginkan permen, Anda bisa membuat stroberi segar yang dicelupkan dalam saus cokelat. Bila Anda terlalu sibuk untuk membuat cemilan sederhana ini, sediakan selalu buah kering sebagai snak di rumah.
  6. Jangan menggunakan makanan sebagai hadiah. Kebiasaan ini bisa menciptakan masalah berat badan di kemudian hari. Sebaliknya, beri anak Anda hadiah menyenangkan seperti paket traveling.
  7. Biasakan makan malam bersama keluarga. Jika ini bukanlah tradisi keluarga, maka mulailah dari sekarang untuk membiasakannya. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terbiasa makan bersama orang tuanya memiliki nutrisi yang lebih baik dan kecil kemungkinan untuk mendapatkan masalah gizi yang serius.
  8. Berkonsultasilah dengan dokter anak. Bicarakan dengan dokter bila Anda ingin melakukan diet terhadap anak untuk membantu berat badannya. Jangan mendiagnosa anak Anda seorang diri.

Ini merupakan perubahan yang bertahap dan butuh perjuangan dari orang tua. Saat ini yang menjadi acaman anak adalah makanan cepat saji, yang perlu diketahui bahwa makanan cepat saji bernilai gizi nol. Tetapi jika Anda selalu menyediakan menu masakan anak yang sehat, mereka tidak akan keluar mencari makan di restoran cepat saji.



Artikel Tips Trik Cara Agar Menu Masakan Sehat Disukai Anak boleh anda Copy dan Paste tentunya dengan mencantumkan sumbernya, masukkan email anda untuk mendapatkan kiriman email update tips trik online dari Tips-Trik.Web.id

Ketik alamat email anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Page Loads: 102 queries in 1.422 seconds.